Saturday, April 16, 2005

Humanoid Robot Segera Dijual: Untuk Sekuriti dan Hiburan


Humanoid robot mini akan segera memasuki pasaran Jepang, seharga 588.000 yen (sekitar 45 juta rupiah). Robot "nuvo" buatan ZMP.Inc dengan tinggi 39 cm dan berat 2.5 kg ini memiliki kemampuan untuk berjalan, bangun dan mengikuti perintah suara.

Robot ini juga dilengkapi dengan kamera digital di kepalanya, sehingga dimungkinkan pemiliknya untuk melihat situasi rumahnya, dengan mengendalikannya melalui telpon selulernya.

Robot ini selain bisa dikendalikan secara jarak jauh, juga dapat melakukan tarian-tarian, juga dapat melantunkan suara musik. Baterenya memiliki kekuatan 1.5 jam, bila di-charge 2 jam, menurut juru bicara perusahaan tersebut, seperti dilansir "Japan Times".

ZMP Inc., perusahaan ventura yang berbasis di Tokyo ini berharap dapat menjual 2300 robot. Penjualannya dilakukan baik melalui Internet, mau pun langsung di showroom mereka di kawasan Minato-ku Tokyo. Peminat luar Jepang, nampaknya harus menahan diri, karena perusahaan itu tidak bermaksud menjualnya ke luar Jepang. Apalagi, buat kebanyakan bangsa kita... kecuali -mungkin- peminat robotika sekali gus koruptor... Adakah...?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home