Sunday, April 03, 2005

"ACTROIDS" Robot Cantik di Aichi Expo


Robot cantik Actroids menyambut pengunjung Aichi Expo, dalam empat bahasa: Jepang, Inggris, Korea dan China

Aichi Expo, yang merupakan ajang pameran internasional yang akhir Maret ini dibuka, juga merupakan ajang bagi Jepang untuk mempertontonkan kepada dunia akan kecanggihan pengembangan robot mereka. Mulai dari robot pelayan hingga petugas keamanan, robot-robot tersebut digelar di arena pameran tersebut, baik secara bersama-sama dengan manusia, atau pun bahkan menggantikan tenaga manusia.

Seperti di pintu utara, kita dapat melihat robot cantik "ACTROIDS" yang menyambut pengunjung dalam empat bahasa: Jepang, Inggris, Korea dan China. Robot buatan Kokoro Co. dan perusahaan pengenalan suara Advanced Media Inc. tersebut dengan semangat mengajak pengunjung untuk menikmati expo yang akan digelar hingga September mendatang tersebut.

Otak dari robot tersebut memiliki 10 ribu kata-kata bahasa Jepang. Bila ada seseorang bertanya kepada robot tersebut, maka akan terjadi proses pengenalan suara, memaknai maksud pertanyaan dan kemudian akan terdengar jawaban robot tersebut. Bila ada pertanyaan yang sulit, maka robot tersebut dengan sopan akan mengatakan: "Pertanyaan tersebut akan dijawab oleh staf lain, ada pertanyaan lain?" Memang nampaknya robot tersebut hanya dirancang untuk menjawab pertanyaan sederhana, misalnya umurnya, jenis kelaminnya dan semacam itu.

Robot lain, yang bekerja diam-diam adalah SuiPPi buatan Matsushita Electric Works. Robot tersebut berjalan berdasarkan peta yang telah direkam sebelumnya dan dilengkapi delapan sensor laser dan ultrasonik untuk menghindari bila ada halangan di sekitarnya.

"Robot tersebut dilengkapi gelombang suara dan cahaya untuk menghindari halangan", kata Y. Kitano, general manager kelompok pengembangan robot manusia di lab penelitian rekayasa produksi Matsushita.

Sensor SuiPPi dapat mendeteksi obyek lebih kecil dari 100 gram dan dapat berhenti seketika untuk menghindari kecelakaan.

Di samping robot pembersih, ada robot keamanan. Robot buatan Tmsuk Co, yang diberi nama "Mujiro" dapat menemukan dan membuang obyek yang mencurigakan.

Kalau Anda datang di ekspo tersebut nanti 10-19 Juni, kita dapat melihat 65 robot unik yang sedang dikembangkan di Jepang, di mana produk komersilnya masih akan diluncurkan 2020.

Jadi... kita bisa melihat teknologi masa depan di Aichi Expo. Ayo buruan ke sana...!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home