Thursday, August 30, 2007

Selamat datang para pahlawan: Tim G-RUSH



Selamat datang pahlawanku: Tim G-RUSH, di bawah bimbingan Ali Husein, ST., M.Eng. dan Fernando Ardilla, SST diterima Direktur PENS ITS, Dr.Ir. Titon Dutono, M.Eng.

PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) ITS menyambut Tim ITS yang sukses juara II Asia Pasific Broadcast Robot Contest di Hanoi Vietnam dengan 3 becak hias, Kamis (30/08).

Tim juara yakni PRAMUDYA AIRLANGGA (ANGGA), FIRDAUS NURDIANSYAH, ALI MURTADLO, ANDIK HERMAWANTO dan MARSUDI HANDOYO (KOMENG), merasa surprise dengan sambutan itu.

Pada suarasurabaya.net, ANGGA menjelaskan proses pembuatan robotnya. Butuh waktu 7 bulan, Desember 2006-Juli 2007. Robot G-RUSH ini bisa mengambil obyek dan meletakkan pada scoring point untuk bisa membedakan warna, menghalangi jalannya robot lawan, dan mengecoh lawan.

Dalam pembuatan G-RUSH ini, ANGGA mengaku tidak ada kendala. Mahasiswa asal Jombang ini merupakan Tim Leader Robot G-RUSH. Setelah berjuang selama 1 minggu, akhirnya tim dari Indonesia ini bisa menjadi juara II dari 19 tim yang bertanding.



Terkait dengan suka duka tim selama seminggu di Hanoi, TRI BUDI Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan PENS ITS mengatakan ada kendala bahasa. Mayoritas panitia dan wasit tidak bisa berbahasa Inggris. Jadi membutuhkan tour guide.

Kendala bahasa ini semakin rumit, ketika Tim Indonesia ingin mengganti baterai, tapi tidak diperbolehkan panitia. Tapi, keberuntungan berada di pihak Indonesia, dan Tim PENS ITS menjadi Juara II Asia Pasific Broadcast Robot Contest (Robocon).

"G-RUSH sebagai robot tercepat dan akurasinya tinggi. Tim Indonesia juga menjadi favorit bersama Tim Vietnam," jelasnya.



Sementara tentang pemberian beasiswa, pihak ITS masih akan melihat kondisi keuangan terlebih dulu. Pemberian beasiswa dan SPP selama 1 tahun gratis, akan diupayakan bagi mahasiswa yang berprestasi ini, untuk memberikan motivasi pada adik-adik kelas.

Indonesia dalam kontes Robocon berada pada klasemen A bersama Bangladesh. Dari 18 negara yang ikut, tim Vietnam sebagai tuan rumah berhak menampilkan 2 regu. (tys/tin)

1 Comments:

At 4:55 PM, Blogger Unknown said...

wah.... keren banget bro.... oh iya, jadi kepengen kayak mereka....
lanjutkan perjuangan xan, jangan putus asa karna yang di atas g suka sama orang yang putus asa...

salam dari saya mahasiswa fakultas teknik universitas tanjungpura pontianak '05

 

Post a Comment

<< Home