Friday, February 18, 2005

Kontes Robot Indonesia 2005

Tahun 2005 Indonesia kembali akan mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU ROBOCON 2005 yang akan berlangsung di Beijing, Cina pada tanggal 27 Agustus tahun 2005, dimana Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim Robot luar negeri. Lomba tersebut merupakan lomba yang ketiga diselenggarakan diluar Jepang untuk peserta dari negara-negara anggota Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). ABU adalah organisasi penyiaran dikawasan negara-negara Asia Pasifik yang beranggotakan lebih dari seratus stasiun televisi dan radio dari lima puluh Negara. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia sebagai anggota.



Tim yang mewakili Indonesia akan dipilih melalui seleksi dalam Kontes Robot Indonesia 2005, KRI 2005 (Indonesia Robot Contest- Robocon 2005) yang akan berlangsung di Jakarta pada bulan Mei 2005. Tiga puluh dua tim dari perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan dapat berpartisipasi dalam kegiatan Kontes Robot Indonesia 2005 (KRI-2005). Ketentuan lomba dengan mengacu kepada aturan standar lomba dari ABU Robocon, setiap tim terdiri dari 3(tiga) orang mahasiswa dan 1(satu) orang dosen pembimbing, yang akan merancang, membuat dan mengoperasikan robot manual dan robot otomatis.

Kegiatan tersebut pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, bekerjasama dengan Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Tujuan dari kontes robot ini selain untuk mencari duta bangsa dalam ABU Robocon 2005 di Beijing - Cina, juga untuk menumbuh kembangkan kreativifitas dan minat para mahasiswa dalam teknologi maju, khususnya teknologi robotika yang sangat dibutuhkan bagi industri.

Lihat lebih jauh di http://www.kri.or.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home